May 25, 2016

4 Langkah Mudah Untuk Mengatasi Kram Kaki Saat Hamil


Tadi pagi, saat mau mematikan alarm di HP untuk bangun tidur, tiba tiba rasa itu datang lagi. Rasa sakit yang hanya beberapa detik atau menit tapi berasa seperti berjam jam. KRAM KAKI. Saya yakin beberapa ibu hamil, pasti pernah merasakan ini. Sejak kehamilan anak pertama, Akta, saya juga sering mendapat kram kaki secara tiba tiba, dan ini terjadi di triwulan 3. Sedangkan kehamilan kedua ini, saya sudah sering kram kaki sejak triwulan 2. 

Saat saya tanyakan ke teman yang profesinya dokter, dan kebetulan juga sedang hamil. Dia berkata bahwa wajar kok kram kaki sudah terjadi di trisemester kedua. Malah dia selama hamil dari trismester satu juga kadang sudah mengalami kram kaki. Setelah mendengar hal itu, jujur hati saya sedikit lega, tapi tetap deg deg an apabila kram kaki datang kembali. 
gambar diambil dari SINI

Respon saya saat mendapatkan kram hamil, MENANGIS. Hehehe, bagaimana tidak? saya terbangun sendiri di tengah malam dengan kondisi kaki yang tidak bisa digerakkan. Oke, sedikit lebay, bisa sih digerakkan, tapi sakitnya makin menjadi. Mana LDM sama suami, hiks, lengkap deh. Tapi sejak kejadian itu, tiap kali kram kaki melanda saya mencoba untuk mengatasinya. 

Yuk lakukan 4 langkah mudah dibawah ini untuk mengatasi rasa sakit saat KRAM KAKI melanda di kehamilan :
1.  Tarik nafas dari hidung, kemudian hembuskan dari hidung juga. Sambil pikirkan di kepala, “aku tenang, aku nyaman. Makin kencang rasanya makin nyaman”. Ciptakan afirmasi positif di dalam diri kita.
2.  Luruskan kaki yang terasa kram, dan tarik jari jari kaki ke arah tubuh. Kemudian luruskan lagi, dan tarik jari jari kaki ke arah tubuh lagi. Ulangi beberapa kali. Memang terasa sakit, tapi cara ini cukup efektif untuk menghilangkan kram kaki.
3.  Apabila ada suami di samping kita, bangunkan, dan minta tolong untuk mengelus kaki yang terasa kram.
4.  Letakan kaki yang kram di atas guling/bantal dengan posisi lebih tinggi agar aliran darah mengalir dengan lancar.

Saat saya berkonsultasi ke dokter, dokter mengatakan biasanya kram kaki muncul karena kita terlalu capek dalam beraktivitas sehari-hari. Tapi bisa juga (menurut saya) karena beban yang ada di tubuh kita juga makin berat, sehingga walaupun aktivitas kita sama seperti hari hari sebelumnya, kram kaki juga bisa melanda. 

Berikut beberapa tips untuk menghindari terjadinya kram kaki selama kehamilan :
1.  Rajin minum air putih.
2. Berolahraga seperti jalan kaki, atau memutar mutar tumit dan jari kaki (bisa dalam keadaan apapun).
3. Mandi menggunakan air hangat, atau apabila kaki terasa capai segera rendam di air hangat.
4. Usahakan untuk tidak berdiri dalam posisi yang sama dalam keadaan lama. Kecuali kalau jalan jalan boleh kok.

Semoga tips menghindari kram kaki dan tips mengatasi KRAM KAKI yang melanda tadi berguna untuk ibu ibu hamil nan kece semuanya yah ^^. Intinya tetap berpikiran berpositif agar rasa yang kurang nyaman itu bisa segera hilang. Tulisan ini murni pengalaman pribadi saja yaah, semoga berkenan 


-Rachma-

2 comments:

  1. Sehat2 terus sampai melahirkan yaa mbak..
    Walaupun kayanya menderita, tapi sakit2 begini ini yg bikin kita selalu ingat sama masa2 hamil hehee..

    ReplyDelete

Biar aku bisa jalan jalan ke blogmu, silahkan tinggalkan komen di postingan ini yah